Tidak bisa dipungkiri, garam merupakan pelengkap wajib bagi setiap masakan. Tanpa garam, masakan tentu akan terasa hambar. Namun, tahukah Anda akan batas konsumsi garam per hari yang tepat?

Pasalnya, terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat memberikan dampak negatif, lho! Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Perut kembung

Melampaui batas konsumsi garam per hari juga dapat menyulut gangguan perut kembung. Hal tersebut dikarenakan tubuh berusaha menahan lebih banyak cairan untuk menjaga keseimbangan.

  1. Sering merasakan sakit kepala

Selanjutnya, efek terlalu banyak mengkonsumsi garam per hari dapat membuat Anda kerap merasakan sakit kepala, lho! Hal tersebut karena banyaknya sodium dari garam yang masuk kedalam tubuh dapat meningkatkan volume darah pada pembuluh darah. 

Karena tekanan darah pada pembuluh darah meningkat, itulah yang bisa membuat sakit kepala sering muncul.

  1. Gangguan pada ginjal

Jika mengkonsumsi terlalu banyak garam per hari, hal tersebut dapat memperbesar resiko gangguan pada ginjal, lho! 

Ginjal sendiri merupakan salah satu organ tubuh paling vital bagi manusia yang bertugas untuk menyingkirkan racun yang ada pada tubuh, menjaga keseimbangan cairan serta mengontrol produksi sel-sel darah merah. 

  1. Menurunkan kemampuan kognitif

Selain dapat menimbulkan sakit kepala, tingginya tekanan darah akibat terlalu banyaknya asupan garam dapat memperbesar resiko kerusakan arteri yang mengalirkan darah ke otak. Hal tersebut dapat menyebabkan turunnya kemampuan seseorang dalam berpikir ataupun berkonsentrasi. 

Tak hanya itu saja, kandungan sodium pada garam yang sejatinya membantu keseimbangan cairan dalam tubuh justru dapat menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi terlalu banyak. Dehidrasi dapat menyebabkan merosotnya ingatan, rasa lelah dan lambatnya reaksi.

Itulah dia beberapa dampak negatif terlalu banyak mengkonsumsi garam yang wajib Anda ketahui. Menurut organisasi kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization) menyebutkan bahwa batasan konsumsi garam per hari yaitu 5 gram atau setara dengan 1 sendok teh.

Jadi, pastikan Anda tidak melanggar batasan tersebut, ya! Agar masakan lebih lezat, Anda juga bisa menaburkan Masako yang hadir dengan berbagai varian rasa untuk beragam masakan di rumah.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *