Mata kering merupakan salah satu kondisi yang saat ini sering terjadi pada banyak orang. Pasalnya, ada banyak sekali penyebabnya. Untuk mencegahnya, kami jelaskan tanda mata kering dan juga cara-cara mencegahnya di sini. Jadi pastikan Anda menyimaknya hingga selesai.

Tanda-Tanda Mata Kering

Tanda pertama yang mudah dikenali yaitu mata kemerahan dan juga muncul sensasi gatal dan bahkan terbakar. Tidak sedikit juga yang merasa sakit. Selain itu, pandangan mata juga kabur untuk sementara waktu.

Selain itu, juga sering mengalami rasa tidak nyaman hingga sakit. Inilah yang biasa terjadi pada mata yang kering.

Cara Mencegah

Ada beberapa cara pencegahan mata kering yang bisa coba Anda lakukan. Berikut sudah kami rangkum cara-caranya di bawah ini.

1.  Lihat ke Samping dan Berkedip Lebih Sering

Penggunaan gadget atau komputer kerap membuat lupa penggunanya untuk berkedip. Berkedip memberi waktu mata untuk meratakan air mata dan menjaga permukaan mata tetap lembab. Jadi, berkediplah lebih sering.

2.  Menggunakan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata merupakan sahabat terbaik mata Anda ketika kering. Gunakan tetes mata buatan yang bebas pengawet dan tanpa efek samping untuk memberikan kelembaban instan pada mata Anda. Salah satunya yaitu Insto.

3.  Menjaga Kelembaban Mata

Ada banyak cara untuk menjaga kelembaban mata, salah satunya yaitu dengan meminum air putih. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan tanaman dalam ruangan tempat Anda bekerja.

4.  Mengonsumsi Makanan yang Kaya Omega-3 dan Vitamin A

Makanan bernutrisi juga memiliki peran penting untuk kesehatan mata. Konsumsilah makanan kaya asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, kacang kenari, atau minyak ikan. Vitamin A juga penting untuk kesehatan mata, jadi jangan lupakan makanan seperti wortel, bayam, dan ubi jalar.

5.  Hindari Paparan Asap Rokok

Asap rokok tidak hanya berbahaya bagi paru-paru, tetapi juga dapat merusak mata. Asap rokok dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan mata. Jadi, jangan ragu berhenti dari kebiasaan merokok jika Anda ingin mata tetap segar dan nyaman.

Demikian informasi seputar tanda mata kering, dan juga cara mencegahnya. Sediakan obat tetes mata Insto agar Anda bisa mengatasinya kapan saja.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *