ciri ciri bayi kuning ciri ciri bayi kuning

Setiap orangtua pasti ingin bayinya lahir selamat dan sehat. Namun terkadang ada beberapa kondisi tertentu yang tidak diharapkan, contohnya seperti penyakit kuning. Bagi yang ingin tahu ciri ciri bayi kuning dan penyebabnya, kami akan menjelaskannya disini.

Dengan informasi ini, Anda tidak perlu lagi panik dan juga heran dengan kondisi tersebut. Jadi, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Penyakit Kuning pada Bayi?

Penyakit yang satu ini merupakan kondisi kulit bayi dan juga matanya menguning. Meski begitu, 60% bayi yang baru lahir mengalami penyakit kuning. Di dalam dunia medis hal ini disebut dengan istilah jaundice.

Penyakit ini terjadi antara 2 hingga 3 hari setelah bayi dilahirkan. Artinya, kondisi ini bukanlah suatu kondisi yang langka.

Penyebab penyakit Kuning pada Bayi

Secara medis, penyebab dari penyakit ini yaitu karena kadar bilirubin yang tidak normal. Normalnya, kadar bilirubin yaitu di bawah 5 mg setelah 24 jam kelahiran bayi. Jika kadar bilirubin bayi tinggi, maka akan menyebabkan penyakit kuning.

Penyebab lain dari penyakit ini yaitu menyusu hal ini biasanya terjadi pada awal kehidupannya. Selain itu juga bisa karena menyusu yang kurang baik.

ciri ciri bayi kuning

Ciri-Ciri Penyakit Kuning Pada Bayi

Umumnya tidak sulit untuk mengetahui ciri-ciri atau gejala dari penyakit ini. Berikut adalah beberapa gejala yang bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk mengenali ciri-cirinya.

  • Kulit dan mata menjadi berwarna kuning karena perubahan pigmen kulit pada si kecil.
  • Kulit yang menguning juga bisa terlihat di bagian kepala, mulut, telapak tangan, wajah hingga telapak kaki.
  • Warna kuning pada kulit bayi bisa terlihat jelas pada area kulit yang ditekan dengan menggunakan jari.
  • Bayi selalu terlihat mengantuk dan juga tampak lemas.
  • Bayi tidak nafsu makan dan juga aktivitas menyusu yang cenderung berkurang dibandingkan dengan biasanya.
  • Warna urin bayi menjadi lebih gelap dan juga warna tinjanya menjadi pucat.

Itulah ciri ciri bayi kuning yang baru lahir. Jangan lupa juga untuk memilih popok bayi baru lahir dari Makuku yang akan membuat si kecil menjadi merasa lebih nyaman.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *