detektor metaldetektor metal

Anda tentu sudah tidak asing dengan berbagai macam logam, bukan? Hal ini lantaran logam sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Namun, jika logam ini berada di tempat yang salah, tentu akan menimbulkan masalah. Itulah mengapa beberapa orang menggunakan detektor metal agar lebih mudah menemukannya. Berkat kecanggihan teknologi, alat pendeteksi ini kini memiliki banyak fungsi.

Fungsi Alat Pendeteksi Logam dari Minelab

Supaya mengetahui apa saja fungsi alat pendeteksi logam, silakan pembahasannya sebagai berikut:

1. Inspeksi Keamanan

Fungsi alat pendeteksi metal yang umum kita jumpai yaitu untuk inspeksi keamanan. Sebelum memasuki pesawat, petuga bandara biasanya akan melakukan pemeriksaan terhadap logam yang Anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan. Selain di bandara, alat ini juga sering digunakan di tempat-tempat umum, gudang, atau area steril.

2. Mendeteksi Logam pada Sektor Industri

Alat pendeteksi metal juga kerap digunakan di pabrik yang memproduksi bahan mentah, bahan makanan, atau bahkan bahan bakar. Keberadaan logam pada bahan-bahan tersebut memiliki potensi yang bisa membahayakan kesehatan atau bahkan kerusakan pada mesin.

Itulah mengapa sektor industri perlu menggunakan alat untuk mendeteksi keberadaan logam tersebut. Misal logam pada bahan mentah makanan, bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada pencernaan.

detektor metal

3. Mendeteksi Pipa Bawah Tanah

Detektor metal juga bisa difungsikan untuk mendeteksi pipa yang tertanam di bawah tanah. Melakukan pendeteksian pipa bawah tanah sangat penting sebelum melakukan proses penggalian. Apabila jika pipa tersebut merupakan pipa saluran minyak atau gas. Dengan demikian, hal ini akan membantu untuk mengurangi kerusakan atau bencana yang mungkin ditimbulkan.

4. Penelitian Arkeologi

Fungsi alat metal detektor juga banyak dimanfaatkan oleh para peneliti arkeologi untuk menyisir lokasi yang diperkirakan mengandung situ bersejarah. Mengingat arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari sejarah dan kebudayaan pada masa lalu, maka temuan tersebut biasanya ada di bawah tanah.

Kondisi ini lantaran benda-benda tersebut memiliki usia ratusan atau bahkan ribuan tahun sehingga tertimbun debu dan tanah. Dengan mengandalkan alat ini, para arkeologi sekarang bisa bekerja lebih efektif dan efisien. Selain itu, mereka juga lebih mudah mencari lokasi yang akurat.

5. Menambang Emas

Emas tergolong dalam jenis logam mulia karena mempunyai nilai ekonomis yang sangat fantastis. Tidak heran jika banyak orang menggeluti pekerjaan menambang emas. Para penamabang emas tradisional biasanya masih menggunakan cara manual yaitu dengan mendulangnya.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil menambang yang cepat dan lebih banyak, maka gunakan alat pendeteksi emas saat. Alat tersebut mampu mengetahui apakah area tersebut mempunyai kandungan emas atau tidak. Dengan demikian, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk menggali lagi.

6. Keamanan Militer

Pasukan militer mempunyai pekerjaan yang sangat berbahaya karena sering berhubungan dengan senjata dan bahan peledak. Supaya lebih mudah dalam menyisir keamanan, mereka bisa menggunakan alat pendeteksi logam.

Jenis senjata yang bisa dideteksi dengan alat ini yaitu bom, ranjau, bom tandan, atau senjata peledak lainnya. 

7. Hobi

Alat pendeteksi metal ini juga bisa difungsikan sebagai penyalur hobi. Saat pergi ke pantai, Anda bisa membawa alat ini untuk menemukan berbagai macam benda yang terbuat dari logam. Kemungkinan untuk menemukan perhiasan berharga pun akan sangat tinggi mengingat pantai memiliki area yang berpasir. Perhiasan yang tidak sengaja lepas akan lebih mudah hilang dan sudah ditemukan.

Dimana Tempat Beli Alat Pendeteksi Logam?

Anda bisa langsung mengunjungi Minelab jika ingin mendapatkan alat ajai ini. Ada beberapa jenis alat pendeteksi yang bisa Anda pilih sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *