cara agar bayi pipis lancar

Mendapati bayi Anda kesulitan saat pipis, terdapat berbagai cara agar bayi pipis lancar yang bisa Anda lakukan di rumah. 

Permasalahan pipis pada bayi ini memang sudah lumrah terjadi, jadi Anda tidak perlu panik lebih dulu, dan simak cara mengatasinya dengan benar. 

Bagi yang belum tahu caranya apa saja, bisa menyimak artikel ini sampai habis!

Mengatasi Masalah Pipis Pada Bayi 

Tidak memerlukan banyak effort, berikut beberapa cara agar bayi pipis lancar yang bisa Anda lakukan. 

  • Memastikan Kecukupan Cairan pada Bayi

Pastikan bahwa bayi Anda sudah mendapatkan ASI atau susu pertumbuhan dalam porsi yang cukup. Sebab dengan cairan yang cukup ini, akan membuat produksi urin bayi jadi lancar, dan juga membantu menjaga hidrasi yang baik dalam tubuhnya. 

  • Berikan Pijatan Lembut

Memberikan pijatan lembut di area perut dan sekitar area genital, dapat membantu merangsang aliran urin pada bayi. Lakukan gerakan yang lembut dan penuh kehati-hatian saat Anda melakukan pijatannya. 

  • Berikan Air Hangat

Anda bisa mencoba memberikan air hangat kepada bayi untuk diminum secara langsung, atau memandikannya dengan air tersebut. Hal ini dapat membantu merangsang aliran urin dan merelaksasikan ototnya. 

Hangatkan juga area genitalnya dengan menggunakan kain yang lembut, agar bisa membantu meredakan ketidaknyamanan pada bayi. 

  • Hindari Popok Terlalu Ketat

Jika bayi menggunakan popok, maka pastikan bahwa popoknya tidak terlalu ketat ketika dipakai olehnya. Sebab popok dengan ukuran yang terlalu ketat ini, dapat memberikan tekanan ekstra pada area genital. 

Anda bisa memilih popok dari MAKUKU, yang menyediakan popok dengan berbagai macam varian ukuran. Dari popok yang berukuran NB (Newborn), S, M, L hingga XL, turut disediakan oleh popok terbaik saat ini untuk si kecil.  

Mengingat setiap bayi itu unik, maka respons terhadap berbagai cara agar bayi pipis lancar di atas, tentunya akan terdapat perbedaan pada setiap bayi. 

Bila permasalahan pipis pada bayinya terus berlanjut, maka jangan ragu untuk mulai berkonsultasi ke dokter anak terdekat ya!

Semoga bermanfaat!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *