tagihan plntagihan pln

Listrik adalah energi yang sangat penting dalam menjungkang kehidupan sehari-hari karena dapat diubah menjadi energi lainnya. Sayangnya, banyak yang mengeluhkan tagihan PLN jebol karena penggunaan listrik yang berlebihan. Ternyata, ada banyak hal yang tanpa Anda sadari yang menjadi penyebab jebolnya tagihan listrik Anda.

Faktor yang Banyak Menyedot Penggunaan Listrik

Supaya Anda dapat menghemat tagihan listrik dan ramah lingkungan, silakan simak beberapa faktor berikut yang kerap menyedot penggunaan listrik.

Membuka Pintu Kulkas terlalu Lama

Apakah Anda sering berdiri lama di depan kulkas dan membiarkan pintunya terbuka? Jika iya, maka inilah yang membuat Anda sering jebol dalam membayar tagihan listrik. Saat Anda membuka pintu kulkas, maka penggunaan listrik akan meningkat hingga 7 % dari pemakaian energi pada umumnya.

Untuk menghindari membuka pintu kulkas terlalu lama, sebaiknya Anda segera mengambil makanan atau minuman yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda juga memikirkan terlebih dahulu bahan makanan atau minuman apa saja yang ingin Anda gunakan. Dengan demikian, Anda pun bisa mengambilnya dengan cepat.

Mengatur Suhu Kulkas atau AC Terlalu Dingin

Jika Anda sering mengatur suhu lemari es Anda pada suhu yang terlalu dingin, maka hal ini akan menyerap banyak penggunaan listrik. Sebab, kompresor kulkas akan bekerja ekstra untuk menghasilkan dingin. Selain menyerap penggunaan listrik, mengatur suhu kulkas terlalu dingin juga dapat merusak kesegaran buah dan sayur. Adapun suhu ideal pada lemari es yaitu kisaran 2-40C.

Kebiasaan menyalakan AC dengan suhu sangat dingin juga menjadi alasan tagihan listrik meroket. AC kurang lebih memiliki cara kerja yang sama dengan lemari es. Untuk mengubah suhu ruangan menjadi udara dingin memerlukan energi yang besar. Itulah mengapa penggunaan listrik akan meningkat. Apalagi jika Anda menyalakan AC dalam waktu yang lama. 

Tumpukan Bunga Es di Freezer

Apakah Anda sering membiarkan kulkas Anda kotor dengan kondisi bunga es yang menumpuk? Kebiasaan ini ternyata juga dapat membuat tagihan listrik melonjak, loh. Bunga es yang menumpuk atau memenuhi freeze akan menghambat pendistribusian udara dingin yang dihasilkan oleh kompresor. Alhasil, kulkas Anda akan bekerja lebih berat sehingga meningkatkan penggunaan energi listrik.

Meskipun kulkas sekarang sudah memiliki fitur defrost, sebaiknya Anda mencairkan bunga es dengan cara manual jika ingin lebih hemat. Menggunakan fitur defrost memang lebih nyaman dan praktis, namun justru menyerap konsumsi listrik yang lebih besar.

Lemari Es Menempel dengan Dinding

Cara Anda menyimpan lemari es, ternyata juga dapat mempengaruhi penyerapan energy listrik, loh. Cara meletakkan lemari es yang benar yaitu tidak menempel pada dinding karena mesin lemari es menghasilkan panas. Apabila panas tersebut diserap kembali oleh lemari es, maka akan memperberat kinerja mesin pendingin. Alhasil, konsumsi energi listrik pun juga akan mengalami kenaikan. Oleh sebab itu, berikan Batasan sekitar 15 atau 20 cm pada dinding.

Lemari Es Kosong

Membiarkan lemaris kosong dan tetap menyala juga dapat membuat listrik menjadi lebih boros. Hal ini lantaran banyak ruang udara kosong di dalam kulkas sehingga kerja mesin pun akan meningkat.

Membayar Tagihan PLN dengan Bank Sinarmas

Anda bisa membayar tagihan listrik di bank Sinarmas karena bisa dilakukan dengan banyak cara. Jika ingin lebih praktis, bisa menggunakan aplikasi Simobiplus. Aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk membayar berbagai macam tagihan bulanan dan transaksi lainnya. Dengan demikian, Anda pun tidak perlu khawatir terlambat membayar tagihan karena malas mengantri di loket.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *