fish oil omega 3

Sudah bukan rahasia lagi jika fish oil omega 3 memiliki manfaat yang sangat baik untuk jantung. Banyak orang mengkonsumsi minyak ikan untuk mendapatkan manfaatnya tersebut. Penyakit jantung memang menjadi salah satu penyakit berbahaya yang mematikan. Mengkonsumsi minyak ikan menjadi salah satu cara meminimalisir risikonya. Berikut ini merupakan beberapa manfaat minyak ikan omega 3 untuk kesehatan jantung:

Menurunkan Trigliserida Darah

Trigliserida merupakan lemak yang tersimpan di dalam darah. Jika trigliserida menumpuk secara berlebihan, maka akan terjadi pengerasan pada dinding arteri yang lebih dikenal dengan istilah aterosklerosis. 

Akibatnya risiko penyakit jantung yang berbahaya seperti stroke dan serangan jantung menjadi lebih tinggi. Kandungan omega 3 dalam minyak ikan membantu menurunkan kadar trigliserida tersebut.

Menghambat Pembentukan Plak Kolesterol

Selain trigliserida, aterosklerosis juga bisa disebabkan oleh penumpukan plak kolesterol. Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Jadi kadar kolesterol di dalam darah menjadi lebih seimbang.

Mengurangi Risiko Aritmia

Dibandingkan dua istilah sebelumnya, aritmia mungkin sedikit asing untuk Anda. Aritmia sendiri merupakan gangguan irama jantung yang tidak seperti kondisi normal, bisa berdetak sangat lambat maupun cepat. Aritmia yang tidak terkendali menjadi salah satu penyebab serangan jantung.

Omega 3 yang dikonsumsi setiap hari membantu menurunkan risiko serangan jantung karena aritmia. Pasalnya jika omega 3 terpenuhi, detak jantung menjadi lebih stabil.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat minyak ikan omega 3 yang terakhir untuk kesehatan jantung yaitu menurunkan tekanan darah. Omega 3 di dalam minyak ikan biasanya berupa EPA dan DHA. Keduanya membantu mengurangi tekanan darah pada penderita darah tinggi atau hipertensi. Meskipun begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut agar lebih akurat.

Sudah mengetahui mengenai berbagai manfaat fish oil omega 3 untuk kesehatan jantung? Kini saatnya Anda rutin mengkonsumsinya agar mendapatkan manfaatnya. Blackmores menawarkan tiga pilihan suplemen minyak ikan dengan dosis berbeda. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun jika mengkonsumsi Blackmores atau suplemen minyak ikan di atas 1000 mg, pastikan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *