Cara Top Up Emoney Cara Top Up Emoney

Saat ini Emoney atau uang elektronik sedang santer diperbincangkan. Namun, apakah Anda sudah arti dan serba-serbi lainnya? Uang elektronik merupakan metode pembayaran yang tidak menggunakan uang fisik. Jadi, Anda bisa membayar transaksi menggunakan kartu Emoney atau via aplikasi. Agar bisa digunakan, tentu Anda harus tahu cara top up Emoney terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Mengisi Emoney?

Untuk Anda para nasabah bank Sinarmas, bisa mengisi uang elektronik yang Anda gunakan dengan beberapa cara seperti berikut:

1. SimobiPlus

SimobiPlus merupakan aplikasi resmi yang diluncurkan oleh bank Sinarmas agar nasabah lebih mudah dalam melakukan transaksi mandiri. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengisi saldo uang elektronik yang Anda gunakan. 

Selain itu, Anda juga bisa memilih sumber dana yang akan Anda gunakan, misal rekening giro atau tabungan. Aplikasi ini user friendly sehingga meskipun Anda baru menginstalnya tentu tidak akan kesulitan menggunakannya. 

2. ATM

Jika Anda dekat dengan ATM Sinarmas, maka bisa menggunakan layanan ini untuk top up saldo Emoney. Tekan menu transfer selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan kode dan nomor HP yang Anda gunakan untuk Emoney tersebut. Isikan nominal sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Cara Top Up Emoney

3. Setor Tunai di Kantor Cabang

Saat Anda ada keperluan mengurus sesuatu ke kantor cabang, maka bisa sekalian isi saldo Emoney. Silahkan berikan kode prefix dan nomor HP Anda kepada petugas. Lalu setorkan pula sejumlah uang yang ingin Anda isikan untuk uang elektronik tersebut.

Serba-Serbi Emoney

Di bawah ini adalah beberapa serba-serbi Emoney yang perlu Anda ketahui:

1. Jenis Emoney yang Digunakan di Indonesia

Saat di Indonesia ada banyak perusahaan dan bank yang berbondong-bondong luncurkan emoney untuk mendukung transaksi digital. Mulanya, uang elektronik ini berupa kartu dan harus menggunakan EDC untuk memproses transaksi. Hingga saat ini emoney jenis kartu juga masih banyak digunakan karena bentuknya praktis dan aman.

Namun, perkembangan teknologi juga membawa terobosan baru untuk emoney karena bisa melakukan transaksi tanpa kartu sekalipun. Anda bisa menggunakan uang elektronik berbasis aplikasi sehingga cara pembayarannya bisa melalui kode QR. Selain itu, aplikasi emoney juga terintegrasi dengan aplikasi lainnya sehingga pembayaran bisa dilakukan secara otomatis.

Menariknya lagi, aplikasi uang elektronik kini juga memiliki fitur transfer dan membayar tagihan. Alhasil, cara membayar transaksi apapun akan lebih mudah dan cepat/

2. Institusi yang Menerbitkan

Poin diatas sekilas menyebutkan bahwa uang elektronik diterbitkan oleh bank dan perusahaan keuangan lainnya. Hampir setiap bank di Indonesia sekarang sudah memiliki produk Emoney dengan syarat dan ketentuan masing-masing. 

Meskipun banyak bank yang mengeluarkan produk Emoney, namun justru Emoney dari perusahaan non bank yang banyak beredar di Indonesia. Perusahaan non bank tersebut misalnya perusahaan transportasi online, perusahaan marketplace, dan perusahaan telekomunikasi.

3. Tempat Transaksi

Pada awal kemunculannya, emoney hanya bisa digunakan ditempat-tempat tertentu saja. Perkembangan teknologi telah membuat banyak tempat umum yang menyediakan metode pembayaran emoney.

Tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan, rumah makan, café, hotel, dan lain-lain banyak yang menyediakan mesin EDC dari berbagai macam Emoney. Selain itu, mereka juga menyediakan barcode yang bisa di scan untuk Emoney yang menggunakan aplikasi di smartphone.

Nah, itulah cara top up emoney dan serba-serbi lengkapnya. Agar isi saldo emoney lebih hemat karena gratis biaya admin, Anda bisa menggunakan layanan dari bank Sinarmas. Silakan segera bergabung bagi Anda yang masih belum menjadi nasabah.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *