anting berlian aslianting berlian asli

Perhiasan masih menjadi incaran kaum wanita, terlebih anting berlian asli yang memiliki berbagai model. Semakin banyaknya berlian beredar di pasaran, seharusnya membuat makin waspada dengan adanya perhiasan palsu.

Hampir semua wanita memiliki anting karena merupakan salah satu jenis perhiasan yang selalu dipakai. Meski ukurannya kecil, tapi pengaruhnya terhadap penampilan sangat besar. Bahkan dengan mengenakan anting bisa membuat bentuk wajah seseorang menjadi lebih proporsional. Sehingga penampilan pun semakin menarik.

Tips Mengetahui Kalau Anting Berlian Asli

Saat membeli perhiasan, terutama anting sebaiknya berhati-hati belilah hanya di toko terpercaya seperti The Palace Jeweler. Karena tak jarang terdapat oknum yang menjual berlian palsu. Modusnya beragam dan sebagai konsumen jangan sampai bisa dikelabui sehingga rugi puluhan hingga ratusan juta. Ada beberapa tips untuk mengetahui apakah anting berlian asli tersebut benar adanya di bawah ini:

anting berlian asli
  1. Menggosokan jari pada emas

Hal pertama yang bisa dicoba yakni menggesekkan jari pada perhiasan tersebut. Jika warna emas luntur, maka kamu perlu berpikir dua kali untuk membelinya. Karena emas asli tidak akan luntur jika digosok.

  1. Memakai magnet

Perhiasan tentunya tidak dibuat dari besi sehingga magnet tidak bisa menariknya. Lakukan tes menggunakan magnet dan buktikan apakah keduanya saling tarik-menarik atau tidak. Jika perhiasan bisa menarik logam lainnya, sudah dipastikan perhiasan tersebut palsu.

  1. Menggores berlian pada kaca

Cara selanjutnya dengan mengetahui apakah berlian asli atau tidak dengan menggosokkannya pada kaca. Tak perlu takut berlian akan tergores, karena berlian asli tidak akan meninggalkan goresan.

  1. Menghembuskan napas

Cara satu ini juga penting dibuat uji coba. Kamu bisa menghembuskan nafas ke permukaan berlian. Pada berlian asli, tidak akan meninggalkan embun dalam waktu yang lama. Sehingga apabila hal tersebut terjadi, maka keaslian perhiasan perlu dipertanyakan. Karena sifat berlian memiliki konduktivitas panas dan tidak mengendapkan embun.

  1. Meminta sertifikat

Masih belum yakin anting berlian kamu asli atau palsu? Cara ini bisa dilakukan jika kamu membeli berlian di toko terpercaya seperti The Palace. Ada dua opsi untuk meminta sertifikat pada toko tempat pembelian. Jika berlian merupakan produk lokal maka ada sertifikat toko, sedang jika berlian sudah terverifikasi oleh lembaga peneliti dunia maka akan memiliki sertifikat GIA.

  1. Menguji dengan Memperhatikan Refractivity

Maksud dari refractivity yaitu sifat asli berlian yang dapat membelokkan cahaya yang melaluinya. Berlian juga dapat memancarkan cahaya yang sangat indah. Cara ujinya dengan meletakkan berlian di atas kertas atau koran. Kemudian lihat apakah tulisan bisa terbaca atau tidak. Pada berlian asli cahaya akan dibelokkan dan tulisan tidak akan terbaca.

  1. Menguji dengan Penyinaran

Sinar bisa juga untuk menguji keaslian perhiasan. Terlebih sinar ultraviolet sering digunakan untuk penyinaran untuk memastikan keaslian uang kertas. Berlian akan mencerminkan fluoresensi warna biru jika dilakukan penyinaran ultraviolet. Namun, ada juga berlian yang tidak mencerminkan fluoresensi apapun sehingga pengujian ini tak bisa untuk semua jenis berlian.

  1. Menguji dengan Memperhatikan Bayangan

Uji tes terakhir untuk menentukan anting berlian asli yakni dengan memperhatikan bayangan. Berlian asli memiliki warna bayangan keabu-abuan. Kamu bisa melihatnya melalui bagian atas. Jika pantulan berwarna pelangi, maka anting berlian tersebut palsu dan kualitasnya rendah.

Semua berlian asli bisa kamu beli di The Palace. Perhiasan yang ditawarkan sudah bersertifikasi sehingga terjamin keasliannya. Tak hanya itu, model yang dimiliki pun menarik dan bermacam-macam. Sehingga koleksimu akan makin bertambah dengan model kekinian.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *