mata belekanmata belekan

Seperti yang diketahui bersama, mata belekan merupakan hal yang normal terjadi ketika kita baru bangun tidur. Namun, kondisi tersebut bersifat hanya sementara dan akan bersih kembali jika kita membasuh muka dengan menggunakan air.

Namun jika mata belekan terus menerus, kemungkinan hal tersebut menandakan bahwa mata sedang mengalami gangguan. Adapun beberapa penyebab mata belekan terus menerus diantaranya yaitu:

  1. Mata kering

Mata kering adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh menurunnya produksi air mata. Ketika mata tidak mendapatkan cukup cairan, maka air mata darurat akan dimanfaatkan oleh sistem saraf untuk membasahi are mata.

Akan tetapi air mata darurat tersebut terdiri dari komponen yang berbeda dengan air mata alami. Air mata alami berasal dari campuran air, minyak, lendir serta antibodi. Semntara itu, air mata darurat lebih banyak mengandung lendir. Nah, lendir itulah yang menjadi penyebab terjadinya mata belekan.

  1. Alergi

Penyebab belekan pada mata yang terjadi terus menerus juga bisa akibat reaksi alergi pada mata atau disebut juga dengan konjungtivitis alergi. Biasanya, alergi dapat menjadi penyebab mata belekan karena partikel-partikel asing seperti debu atau serbuk sari yang memicu mata untuk memproduksi lendir guna membersihkan partikel-partikel asing tersebut. 

Nah, terjadilah penumpukan jumlah lendir yang banyak sehingga menyebabkan mata menjadi belekan. Biasanya, kondisi tersebut terjadi pada kedua mata.

  1. Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan kondisi dimana bagian konjungtiva mata ata selaput tipis transparan yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata bagian dalam mengalami peradangan akibat infeksi virus, bakteri, jamur, atau parasit.

Biasanya, konjungtivitis juga menjadi salah satu penyebab belek atau kotoran mata keluar secara terus-menerus dan tak jarang dibarengi dengan mata yang terasa nyeri serta sulit dibuka ketika bangun tidur. Perlu diketahui, konjungtivitis ini dapat menular, sehingga perlu diwaspadai.

Itulah dia beberapa penyebab terjadinya mata belekan terus menerus. Meski bukan merupakan penyakit berbahaya, jika kondisi tersebut terjadi Anda tetap harus segera mengatasinya.

Adapun salah satu cara paling mudah dalam mengatasi mata belekan yaitu dengan meneteskan Insto Dry Eyes yang mengandung zat aktif Hydroxypropyl Methyl cellulose dan Benzalkonium Chloride. Kedua zat tersebut mampu bekerja sebagai pengganti air mata alami sehingga mampu menjaga kelembaban mata.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *