4C Diamond4C Diamond

Tidak bisa dipungkiri, berbagai jenis perhiasan berlian memang merupakan barang yang memiliki nilai harga yang tinggi. Harga tersebut tentu sebanding dengan keindahannya. Oleh karena itu, dalam pembeliannya harus dilakukan dengan sebaik mungkin termasuk dengan memperhatikan 4C Diamond pada berliannya.

4C sendiri merupakan akronim dari Color (warna) Clarity (kejernihan) Cut (potongan) dan juga carat (carat). Keempat faktor tersebut berpengaruh terhadap kualitas dan nilai dari suatu berlian. 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait 4C pada berlian, simak artikel dibawah ini sampai tuntas, ya!

Apa 4C Diamond Pada Berlian?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, 4C merupakan aspek yang dapat mempengaruhi keindahan dan nilai sebuah berlian. Penilaian ini mulai dikembangkan sekitar tahun 1953 oleh salah satu badan otoritas independen penilaian berlian yaitu Gemological Institute of America (GIA). 

4C ini digunakan sebagai standar yang diakui secara internasional untuk menilai kualitas serta karakteristik dari batuan berlian. Berikut 4C yang dimaksud:

  1. Color

Color adalah warna yang bisa menjadi tolak ukur kualitas sebuah berlian yang dilihat dari seberapa jernih atau tidak berwarna berlian itu. Skala untuk warna berlian diklasifikasikan dari D ke Z. Skala D merupakan berlian yang paling tidak berwarna (colorless) sedangkan Z yakni berlian yang mengandung warna coklat atau kuning yang mencolok. 

Meski faktor warna dapat menjadi salah satu poin untuk menilai sebuah berlian, akan tetapi ini bukan menjadi penilaian baku. Artinya Anda juga harus melihat aspek lainnya.

  1. Clarity

Selain warna, tingkah kejernihan juga wajib untuk diperhatikan dalam menilai sebuah berlian. Poin ini terpacu pada seberapa bersih berlian dari inklusi dan noda. Kejernihan berlian memiliki beberapa skala, diantaranya

  • FL ( Flawless )
  • IF ( Internally Flawless )
  • VVS1 ( Very Very Slightly Included 1 )
  • VVS2 ( Very Very Slightly Included 2 )
  • VS1 ( Very Slightly Included 1 )
  • VS2 ( Very Slightly Included 2 )
  • SI1 ( Slightly Included 1 )
  • SI2 ( Slightly Included 2 )
  • I1 ( Included 1 )
  • I2 ( Included 2 )

Beberapa berlian dengan skala diatas tentu memiliki beberapa perbedaan. Pasalnya skala clarity berlian ini mampu menunjukkan dan meringkas setiap tingkat kejernihan berlian tersebut. Skala tertinggi yaitu Flawless yang merupakan berlian langka yang sangat jernih dan memiliki tingkat kecacatan sangat rendah.

Karena kecacatannya sangat rendah, berlian Flawless mampu memantulkan cahaya yang sangat sempurna dan cemerlang.

  1. Cut

Cut atau potongan juga merupakan aspek penting yang bisa menentukan kualitas berlian yang juga dapat mempengaruhi keindahan berlian. Cut sendiri secara khusus mengacu pada kualitas sudut, proporsi, segi simetris, kecemerlangan, fire , kilau, hingga detail finishing dari sebuah berlian. 

Faktor-faktor tersebut secara langsung dapat mempengaruhi kemampuan berlian dalam memantulkan cahaya yang masuk. Potongan berlian juga memiliki skala tersendiri yang diantaranya yaitu:

  • Ideal
  • Excellent
  • Very Good
  • Good
  • Fair
  • Poor

Berlian dengan potongan paling baik yaitu ideal excellent. Namun keduanya masih tergantung pada bentuk berlian. Kedua potongan tersebut menandakan bahwa proporsi untuk kecemerlangan yang maksimal.

  1. Carat

Berbeda dengan emas, carat pada berlian merupakan satuan ukuran berat standarnya. 1 carat pada berlian setara dengan 200 mg atau 0,2. Namun uniknya, berat dari carat berlian tidak sepenuhnya bergantung pada ukuran diameternya.

Jadi, ukuran berlian yang besar belum tentu lebih besar carat nya dibanding dengan berlian berukuran kecil. Bisa jadi berlian berukuran kecil lebih besar caratnya dibanding berlian yang lebih besar.

Itulah dia informasi terkait 4C Diamond pada sebuah berlian. Bagi Anda yang ingin mendapatkan perhiasan baik itu anting, kalung, cincin, ataupun anting berlian terbaik, Anda bisa membelinya hanya di Mondial Jeweler.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *