asam folat untuk ibu hamil

Suka buah-buahan? Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan tertentu untuk memenuhi asupan asam folat untuk ibu hamil. Asam folat merupakan kandungan nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan janin. Kebutuhan asam folat secara umum untuk ibu hamil yaitu 400 mcg per hari. Simak artikel ini untuk mengetahui buah-buahan yang mengandung asam folat.

Buah-Buahan dengan Kandungan Asam Folat untuk Ibu Hamil

Langsung saja, berikut ini adalah buah-buahan yang bisa Anda pilih:

1. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan asam folat tinggi. Satu buah jeruk berukuran besar setidaknya mengandung asam folat sebesar 55 mcg. 

Bukan hanya asam folat saja, jeruk juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Semua jenis jeruk mengandung asam folat termasuk jeruk bali, jeruk keprok, jeruk lemon, dan jeruk limau.

2. Alpukat

Alpukat selalu direkomendasikan untuk ibu hamil. Kandungan asam folat dalam setengah buah alpukat sebanyak 82 mcg. Selain itu, alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung.

3. Pisang

Pisang merupakan buah yang bisa meningkatkan energi. Selain itu, buah ini ternyata memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Pisang yang ukurannya sedang mengandung 23,6 mcg asam folat. Nutrisi lain di dalamnya yaitu mangan, vitamin B6, dan juga potassium. 

4. Pepaya

Pepaya yang ampuh memperlancar buang air besar ini mengandung 53 mcg asam folat setiap 140 gram. Jika mengkonsumsinya, Anda juga bisa mendapatkan manfaat lain seperti menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, pepaya memiliki kandungan antioksidan dan potassium.

5. Tomat

Kandungan asam folat dalam tomat juga cukup tinggi. Setiap 100 gram tomat bisa mengandung asam folat 4,1-35,3 mcg. Anda bisa mengkonsumsi tomat dengan cara direbus atau dimakan mentah langsung. Agar khasiatnya lebih terasa, Anda bisa memakannya secara langsung.

Itulah rekomendasi buah-buahan dengan kandungan asam folat untuk ibu hamil yang bisa Anda konsumsi. Selain memastikan kesehatan janin, jangan lupa mempersiapkan kebutuhan bayi baru lahir. Popok MAKUKU SAP Diapers adalah salah satu yang Anda butuhkan. Dengan teknologi SAP (Super Absorbent Polymer), Si Kecil pasti akan merasa nyaman karena anti ruam dan anti gumpal. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *