content marketingcontent marketing

Istilah pemasaran konten atau content marketing sepertinya bukan hal yang asing lagi bagi pelaku bisnis online. Pasalnya konten sekarang sangat disukai masyarakat sehingga memberikan hasil yang optimal. Selain itu, platform untuk mempublikasikan konten juga semakin beragam. Mulai dari media sosial, website, dan lain sebagainya. Namun sebelum menjalankannya, ketahui terlebih dahulu bentuk-bentuk pemasaran konten.

Inilah Bentuk-Bentuk Content Marketing 

Berikut ini adalah bentuk-bentuk dari pemasaran konten:

1. Website atau Blog

Sebagian besar orang suka mencari informasi mengenai suatu barang di mesin pencari seperti Google. Oleh sebab itu, konten website atau blog menjadi konten yang paling banyak dipilih. Bahkan termasuk bentuk paling fundamental yang harus digunakan semua pebisnis. 

Melalui website atau blog, audiens bisa mendapatkan informasi detail seputar barang, mengetahui alamat perusahaan sehingga meningkatkan kepercayaan, hingga melakukan pembelian barang. Memberikan konten menarik di website membuat audiens senang mengunjungi website Anda. 

2. E-book

Terkadang informasi melalui satu artikel saja tidak cukup untuk memberikan pengetahuan yang detail. Banyak orang-orang membutuhkan panduan yang lebih rinci dan jelas untuk dipahami. E-book adalah jenis konten yang cocok untuk informasi panjang dan detail.

Misalnya jika Anda mengharuskan audiens untuk mendaftar atau melengkapi persyaratan, akan lebih jelas jika ada E-book. Di dalam E-book tersebut juga bisa ditambahkan gambar step-by-step sehingga lebih mudah untuk diikuti dan dilakukan.

3. Video

Orang-orang sekarang memang cenderung lebih suka dengan bentuk visual. Oleh sebab itu, konten video menjadi bentuk konten yang paling populer. Biasanya konten video juga mengkombinasikan dengan tulisan-tulisan yang menarik. Semakin lama audiens menghabiskan waktu melihat video, maka engagement organik bisa Anda dapatkan. Engagement maupun traffic organik akan memberikan keuntungan pada bisnis Anda.

4. Email

Semua perusahaan besar sudah menerapkan email marketing. Namun dalam hal ini dibutuhkan konten untuk memberikan informasi atau mengajak pelanggan melakukan sesuatu. Alasan email sangat direkomendasikan yaitu karena lebih efektif dan efisien. 

Biasanya konten email dikirim kepada pengguna yang memang setuju untuk mendapatkan update informasi. Jadi memang termasuk target potensial. Beberapa bentuk konten email seperti informasi pengingat untuk checkout, promosi E-book, berita, tips dan trik, dan lain sebagainya.

5. Media Sosial

Media sosial adalah platform yang memiliki peran besar dalam meningkatkan sebuah bisnis. Oleh sebab itu, tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pasalnya pengguna internet untuk main media sosial sangat tinggi, jadi audiensnya bisa lebih besar. 

Namun perlu Anda ketahui bahwa platform media sosial memiliki ciri khas masing-masing. Sesuaikan jenis konten dan pemilihan platform media sosial dengan produk Anda. Gunakan juga teknik digital marketing seperti iklan berbayar untuk hasil maksimal.

6. Podcast

Bentuk pemasaran konten yang sedang tren akhir-akhir ini adalah podcast. Podcast umumnya disajikan secara monolog dengan pembahasan yang beragam. Kelebihan konten satu ini yaitu bisa didengarkan kapan pun dan di mana pun, bahkan sambil beraktivitas. Buat konten yang relevan sesuai dengan produk yang dipasarkan agar menarik untuk audiens. 

Demikianlah informasi mengenai bentuk-bentuk content marketing yang banyak dipilih oleh digital marketer. Tidak harus semua konten digunakan karena bisa menghabiskan banyak budget. Pilih saja konten yang sesuai dengan tujuan dan visi misi bisnis Anda. 

Jika ingin menjalankan pemasaran konten dengan efektif dan efisien, Anda bisa bekerja sama dengan IDEOWORKS. Agensi akan membantu menjalankan pemasaran sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jadi budget lebih efisien. Hubungi tim IDEOWORKS untuk berdiskusi dan konsultasi terlebih dahulu!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *