kalung berlian berbeda

Sebagian besar pasti tahu bahwa berlian merupakan batu mulia yang sering dijadikan perhiasan yang memiliki harga yang cukup mahal. Harga berlian yang mahal tersebut dikarenakan batu tersebut didapatkan melalui proses yang panjang hingga akhirnya mampu dijadikan sebuah perhiasan salah satunya yaitu kalung. Akan tetapi, harga kalung berlian berbeda antara satu dengan lainnya, lho! Harganya dapat dipengaruhi oleh 4 faktor yang biasa dikenal dengan 4C.

4C sendiri merupakan kriteria yang biasanya dapat dilihat pada berlian bersertifikasi GIA atau Gemological Institute of America. Adapun 4C tersebut terdiri dari clarity (kejernihan) cut (potongan), color (warna) dan carat (karat). 

Untuk informasi lebih jelas terkait apa itu 4C, Anda bisa menyimak artikel dibawah ini.

Clarity (Kejernihan)

Cara pertama dalam menilai kualitas berbagai model kalung berlian pertama adalah dengan melihat clarity atau kejernihan yang dimilikinya. Kejernihan disini juga dapat menunjukan banyak tidaknya tanda cacat alami pada sebuah berlian. 

Berlian yang tingkat kejernihannya tinggi yaitu memiliki sedikit goresan atau cacat alami bahkan tidak memilikinya sama sekali. Perlu diketahui, semakin minim cacat pada berlian, maka kilaunya pun akan semakin semakin terpancar dan kualitasnya pun tentu saja semakin baik.

Tingkat kejernihan berlian sendiri memiliki beberapa skala mulai dari yang paling baik yaitu flawless, internal flawless, VVS1 dan VVS2, VS1 dan VS2, SI1 dan SI2, hingga yang terakhir yaitu I1 dan I2. Saat hendak membeli kalung berlian, Anda sebaiknya memilih berlian yang memiliki tingkat kejernihannya setidaknya di skala VS1 atau VS2.

Cut (Potongan)

Perlu Anda ketahui, cut atau potongan juga memiliki peran penting yang bisa mempengaruhi keindahan kalung berlian, lho! Dengan kata lain, potongan yang proporsional dan presisi dapat membuat penampilan kalung berlian menjadi tampak lebih berkilau dan mempesona.

Potongan berlian sendiri memiliki berbagai jenis seperti round cut, oval cut, princess cut, emerald cut dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk skala kualitas potongannya dimulai dari yang terbaik yakni signature ideal, very good, ideal, fair, dan juga good.

Color (Warna)

Penilaian berlian berdasarkan color atau warna ini hanya berlaku pada berlian putih atau bening saja. Artinya, penilaian ini tidak berlaku pada berlian fancy color atau berlian berwarna lain seperti berlian pink, kuning, hijau ataupun warna lainnya.

salah satu lembaga penilaian berlian internasional yaitu GIA sendiri menentukan kualitas warna dalam skala huruf dari mulai D-Z. Berlian yang memiliki nilai paling tinggi untuk warna bening atau colorless adalah D. Sementara nilai terendah adalah berlian kekuningan hingga kecoklatan dengan skala Z.

Carat (Karat)

Perlu Anda ketahui, karat pada berlian berbeda dengan karat pada emas. Jika pada emas karat menunjukkan kemurnian sebuah emas yang tertingginya adalah 24 karat atau yang 24K, maka pada berlian carat atau karatnya menunjukkan berat massa dari berlian itu sendiri. Untuk satuannya, nilai 1 karat berlian adalah 200 gram.

Semakin tinggi nilai karat pada suatu berlian, maka kualitasnya semakin baik dan harganya pun juga tentu akan semakin mahal. Namun perlu digaris bawahi, berat karat berbeda dengan besar berlian. Karena ada juga berlian dengan ukuran diameter yang sama akan tetapi memiliki berat karat yang berbeda.

Demikian informasi terkait 4 hal yang dapat mempengaruhi harga kalung berlian berbeda antara satu dengan lainnya. Untuk mengetahui aktor 4C pada berbagai model kalung berlian, tentu Anda harus membeli perhiasan tersebut yang disertai dengan sertifikat resmi. 

Nah, salah satu toko perhiasan yang menyertakan sertifikat resmi pada kalung berlian yang ditawarkannya adalah Mondial Jeweler. Mondial Jeweler sendiri merupakan salah satu toko perhiasan profesional dan terpercaya yang tepat dipilih oleh Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda terkait berbagai jenis perhiasan penunjang penampilan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *